Mengatasi Error Code:0xc0000001

12:10 PM
loading...
Error Code di Windows - Pada kesempatan kali ini saya akan share mengenai cara mengatasi Error saat penginstalan windows 8. Hal tersebut bermula dari seorang teman beberapa hari yang lalu meminta bantuan untuk menginstal ulang Laptop Acer kesayangan nya dengan windows 8. Berhubung sudah banyak jumlah komputer yang sudah saya instal windows 8 terutama komputer teman-teman yang ada di kantor tentu saja permintaan teman saya tersebut akan mudah dilakukan dan langsung saja saya setujui.

Error Code:0xc0000001 Pada Windows


Tanpa pikir panjang saya masukkan DVD instalan windows 8 ke dalam DVD-ROM laptop teman saya tersebut dan langsung booting melalui DVD-ROM untuk segara memulai proses penginstalan. Untuk step-step awal semua berjalan lancar, namun masalah mulai terjadi pada saat proses penginstalan berada pada tahap akhir. Bermula dari scan driver yang memang berjalan mulus kemudian komputer akan otomatis restart pada saat tahap akhir proses untuk scaning seluruh hardware yang tertanam pada laptop tersebut. Namun pada saat laptop hidup kembali proses instalasi tidak bisa lagi dilanjutkan, hal tersebut disertai dengan munculnya tampilan Blue Screen (BSOD) lalu komputer restart kembali dan muncul tampilan berikut.


Awalnya saya coba untuk instal ulang lagi laptop tersebut, namun setelah beberapa kali saya melakukan proses instal ulang dan tetap terjadi error yang sama saya pun mulai putus asa. Satu hal yang membuat saya kembali bersemangat, setelah saya teliti spesifikasi yang tersemat pada laptop tentu saja sangat memungkinkan untuk ditanamkannya Operasi System Windows 8. Jadi tidak mungkin error tersebut terjadi lantaran laptop memiliki spesifikasi rendah alias tidak memumpuni untuk windows 8. Akhirnya saya mencoba untuk search di google mengenai permasalahan yang sama yang mungkin saja pernah dialami oleh orang lain pada saat penginstalan windows 8. Satu hal yang pada akhirnya saya mengerti, ternyata untuk acer Aspire V5-431 Notebook atau laptop hampir semua orang mengalami error yang sama pada saat proses penginstalan windows 8. Dan hal yang menyebabkannya adalah AHCI dan Wi-fi driver pada OS windows 8 Pro tidak support atau error saat disandingkan dengan hardware laptop.

Saat search di google ada cara yang bisa mengatasi permasalahan terbuat yaitu melakukan proses penginstalan melalui Flashdisk yang telah terlebih dahulu dilakukan modifikasi pada folder bootnya. Dengan menambahkan folder drivers yang tentunya sudah isi dengan driver AHCI dan wi-fi yang khusus di download dari website kumpulan driver acer lalu menambahkan beberapa modifikasi lainnya selanjutnya saya tinggal melakukan proses instalasi. Dan akhirnya laptop teman saya tersebut berhasil diinstal windows 8 beserta software-software pendukung tanpa ada lagi masalah.

Lalu kemaren teman saya tersebut membawa kembali laptop ke tempat saya dengan type yang sama. Awalnya saya pikir laptop tersebut adalah laptop yang sebelumnya sudah saya instal windows 8 dan kembali mengalami error (huuuuf ..... mati dah gw (-.- ) ). Tatapi dugaan saya tersebut salah ternyata laptop tersebut adalah laptop saudaranya yang sebelumnya sudah dibawa ke tempat reparasi untuk melakukan upgrade ke windows 8 namun gagal dan kembali di instal windows 7. Berhubung sebelumnya saya sudah berhasil memasangkan Operasi System Windows 8 ke laptop nya, dan kini teman saya tersebut mempercayakan ke pada saya untuk mengupgrade laptop tersebut agar ikut menjadi windows 8. Abis katanya sih, gengsi kalau tidak ikutan pakai windows 8.

Dan kali ini saya mulai bereksperimen dengan cara saya sendiri untuk bisa menyematkan windows 8 ke dalam laptop tersebut. Seperti kata pepatah, "banyak jalan menuju Roma". Pastinya akan selalu ada cara lain untuk menyelesaikan suatu masalah. Dan berikut cara yang sudah saya lakukan dan juga sukses sepeti cara yang pertama. Cara ini cocok di terapkan untuk para pemula mengingat untuk cara pertama akan sangat membingungkan untuk teman-teman yang baru mulai mempelajari dunia komputer.

1. Pertama kali instal terlebih dahulu laptop teman-teman dengan menggunakan OS windows 7.

2. Setelah proses instalasi selesai, instal driver-driver dari hardware yang tertanam pada komputer termasuk driver AHCI dan wi-fi untuk windows 7.

3. Pastikan untuk tidak menginstal driver card reader untuk windows 7, karena driver tersebut tidak akan support pada windows 8.

4. Setelah proses penginstalan windows 7 beserta drivernya selesai dan sukses, sekarang teman-teman masukkan DVD instalasi windows 8 ke dalam DVD-ROM laptop teman-teman kemudian copy seluruh file instalasi yang ada di dalam DVD tersebut ke Local Disk C.

5. Setelah proses copy selesai keluarkan DVD instalasi windows 8 dari DVD-ROM, kemudian buka file instalasi wimdows 8 yang sudah teman-teman copy ke Local Disk C.

6. Doble-klik pada setup yang ada di dalam folder instalasi windows 8, kemudian jalankan proses upgrade atau instalasi seperti biasa.

7. Proses instalasi dijamin berhasil karena memang sudah saya coba sendiri dan sekarang tinggal menginstal software-software pendukung seperti Adobe Reader, Office, Winamp dan sebagainya. Dan jangan lupa siapkan KMS aktivator windows 8 jika kalian tidak menggunakan windows original.

Oke sobat itulah kira-kira tutorial dari Anak Sembada mengenai error code:0xc0000001 saat instal windows 8 di laptop acer aspire V5-413.

Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Contact Form

Name

Email *

Message *